Universal Basic Income

Dengan berkembang pesatnya teknologi autonomous dikhawatirkan banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan. Walaupun masih belum jelas sektor apa saja yang akan terpengaruh, tp kemungkinan akan sangat luas. Ibarat ombak tsunami yang menerjang lapangan pekerjaan, waaaa…

Teknologi autonomous membuat para pekerja manusia digantikan karena tidak efisien, yang kemudian mesin akan memusnahkan manusia seperti di film Terminator!.

Ok, itu sudah terlalu jauh

Tentu hal diatas tidak terjadi dalam semalam, namun sudah terlihat tandanya. Beberapa perusahaan mulai mengembangkan kendaraan tanpa sopir untuk transportasi umum, kendaran pribadi, truk barang, dan pesawat komersil.

Buruh pabrik banyak yang digantikan oleh mesin, menyusul dengan petugas-petugas administratif seperti yang terjadi di Jepang seperti di artikel berikut.

Bahkan, agen asuransi seperti yang dilakukan perusahaan Israel Lemonade.

Mungkin penerimaan CPNS kedepannya bakal berkurang banyak. Jika tidak terjadi di masa kita, bisa jadi di masa anak-anak kita.

Universal Basic Income (UBI)

Dari permasalahan diatas muncul sistem Universal Basic Income (UBI). Di dalam sistem UBI semua warga negara akan diberi penghasilan tetap tanpa syarat, apapun status pekerjaan mereka (mengganggur atau tidak). Intinya adalah warga negara mendapatkan penghasilan tetap dari negara selama masih hidup.

Terkesan mengada-ada, namun UBI sudah diimplementasikan di beberapa negara dan memberikan dampak yang nyata tidak hanya secara finansial namun bahkan kesehatan.

Jika dianalogikan UBI ini seperti semacam seed funding untuk manusia, yang diharapkan dana tersebut digunakan untuk membiayai peningkatan kualitas SDM manusia itu sendiri dan keluarganya.

UBI sebagai seed funding tersebut juga akan mendorong orang lebih berani menjadi pengusaha atau self employment.

Tentu saja UBI juga mengalami kontroversi, beberapa mengatakan bahwa UBI membuat orang malas bekerja. Namun selama ini kita menggunakan konsep “bekerja” sebagai jati diri seseorang, baik imbal baliknya financial atau non-financial. Tentu saja dampak yang lebih luas masih perlu penelitian lebih lanjut dan menarik untuk diikuti perkembangannya.

Kita sudah familier dengan pepatah Cina “Memberi pancing lebih baik daripada memberi ikannya”, yang artinya jika kita ingin menolong seseorang, lebih baik berikan pancing dan bukan ikan, karena jika memberi ikan maka orang akan keenakan, malas, dan tidak mau berusaha.

Tapi asumsi kita bisa salah, UBI disini adalah ‘pancing’ bukan ‘ikan’, dengan UBI orang akan ikut menggerakkan roda perekonomian, mereka menggunakannya sebagai modal usaha, menyekolahkan anak mereka, dan yang jelas mereka menjadi mempunyai pilihan!.

Kemiskinan membuat seseorang menjadi tidak punya banyak pilihan.

UBI adalah tentang pemerataan kesempatan, bukan semata-mata pemerataan penghasilan.

Jika kalian tertarik mengikuti implementasi UBI di Finlandia bisa dicek disini.

Semoga bermanfaat,

3 Replies to “Universal Basic Income”

Leave a Reply