Blockchain untuk rakyat

Mumpung sedang ramai Bitcoin dan teman-temannya (Altcoin), saya akan membahas teknologi dibalik mata uang kripto tersebut. Tulisan ini tidak membahas dari segi teknis, jika kamu sedikit alergi dengan hal-hal teknis, jangan khawatir kamu bisa terus membaca.

 

 

Berapa aset mata uang kripto yang kamu punya, sudah merasakan kaya mendadak, atau malah sebaliknya ?. Dibalik gairah orang-orang yang keranjingan trading dan berinvestasi di mata uang kripto, sebenarnya ada potensi lain yang lebih besar dari itu yaitu blockchain.

 

Blockchain adalah mekanisme penyimpanan transaksi, seperti buku besar (ledger). Jika kamu melakukan transfer uang di bank, maka transaksi akan tercatat di dalam buku besar bank tersebut. Begitu juga ketika kamu membeli pulsa, jumlah pulsa kalian akan tercatat di buku besar operator telko.

 

Berbeda dengan bank dan operator telko yang pencatatannya tersentralisasi, blockchain melakukan pencatatan secara terdistribusi. Dengan blockchain maka pencatatan transaksi tidak dikuasai oleh satu entitas. Bagaimana itu bisa terjadi? itulah hebatnya blockchain!.

 

Agar lebih mudah memahami tentang blockchain, saya akan bercerita tentang pasar di jln. Oaoe. Kurang lengkap rasanya membahas tentang sistem pertukaran nilai tanpa membahas tentang pasar tempat kita beli sayur, lopis, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari.

 

Sejarah Pasar Oaoe

Alkisah, sekelompok anak muda kekinian sedang melewati jln Oaoe yang asri, damai, dan sejuk. Tiba-tiba seseorang yang paling gaul dan asik diantaranya menyeletuk “Kalau jalan ini dijadikan semacam tempat jualan, pasti ASIK!”, teman-temannya tentu saja mengamini ide yang asik tersebut.

Selanjutnya para sekelompok pemuda tersebut menjadi tim pengembang. Mereka mulai menyiapkan masterplan, rapat setiap malam, dan minum bercangkir-cangkir kopi. Hasilnya adalah sebuah whitepaper yang berisi aturan-aturan (protokol) yang diperlukan agar jalan tersebut bisa menjadi sebuah tempat yang asik buat jualan.

Beberapa aturan yang cukup asik adalah:

1. Jual beli didalam pasar akan menggunakan koin khusus, yang disebut koin Oaoe. Koin Oaoe bisa ditukarkan dengan rupiah dengan nilai tukar tertentu.

2. Transaksi dicatat di dalam buku besar yang dipegang oleh bendahara. Buku besar bisa berjumlah lebih dari satu, bendahara juga bisa lebih dari satu.

3. Bendahara dan tim pengembang dibayar dengan koin Oaoe.

4. Siapapun boleh bergabung menjadi tim pengembang atau bendahara.

Tim pengembang ingin agar sistem Pasar Oaoe ini benar-benar dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Tidak hanya demokratis namun juga meristokrasi, sistem akan memberikan koin Oaoe kepada siapapun yang ikut berkontribusi terhadap sistem ini.

Pertanyaannya adalah, apabila bendahara bisa lebih dari satu dan masing-masing memiliki buku besar sendiri, bagaimana menentukan kebenaran dan keabsahan buku besar tersebut, jangan-jangan buku besar menjadi tidak konsisten dan berbeda-beda isinya. Hal ini bisa memicu konflik dan menyebabkan darah berceceran di jalan.

Karena itu tim pengembang membuat konsensus untuk menentukan siapa yang berhak mencatatkan transaksi-transaksi terbaru kedalam buku besar, yang kemudian akan disalin ke buku besar milik bendahara yang lain, sehingga buku besar akan tetap konsisten satu sama lain.

Setelah menimbang dengan seksama, konsensus yang digunakan adalah Proof of Hompimpah (PoH), para bendahara akan melakukan hompimpah, dan menyerahkan hasilnya pada takdir. Pemenang hompimpah berhak memasukkan data transaksi terbaru di buku besar-nya, yang kemudian akan disalin ke semua buku besar bendahara yang lain.

Konsensus tersebut berjalan sangat baik, Pasar Oaoe menjadi sangat ramai dan menguntungkan. Banyak pengunjung yang berduyun-duyun, untuk membeli sesuatu atau sekedar jalan-jalan dan zang-zangan.

Bahkan konon ada sultan Arab dan jenderal Tiongkok yang juga mendaftar menjadi bendahara di pasar Oaoe, lengkap sudah ini pasar go internasional melewati batas-batas wilayah dan akal sehat.

Singkat cerita, para pedagang, pembeli, pengembang, dan orang-orang sejahtera bahagia, sampai akhirnya… satpol PP datang.

TAMAT

 

Cerita fiktif diatas semoga bisa menganalogikan blockchain secara sederhana.

 

Seperti Pasar Oaoe, blockchain dirancang oleh tim pengembang, mereka membuat spesifikasinya, merancang aturan-aturan, yang kemudian membuat implementasinya.

Continue reading Blockchain untuk rakyat

Procrastination enak nggak?

Procrastination merupakan permasalahan sejuta umat, sudah dibahas disana sini. Namun masih belum ada fatwa dari MUI tentang ini, karena itu saya merasa harus turun tangan dengan menulis tentang ini, tsaah…

Secara bahasa, Procrastination adalah kebiasaan menunda mengerjakan suatu task atau kegiatan sampai di akhir waktu. Tapi kalau arti dalam bahasa Syriac, silahkan cari sendiri :|.

Dengan dukungan perusahaan asing, Google. Saya memberanikan diri untuk melakukan penelitian mendalam dan menyeluruh yang kemudian mendapatkan beberapa fakta mencengangkan pencerahan, bahwa:

1. Procrastination adalah efek dari otak yang mengidam hasil yang langsung (instant gratification).

Jaman dahulu kala, ketika manusia masih tinggal di surga. Leluhur kita, Adam dan Hawa, ketika menginginkan sesuatu tinggal sebut saja.

“Saya minta mie ayam bakso”, kata Adam. Kemudian, “Clinggg!” keluar mie ayam bakso terenak di akherat, siap disantap oleh Adam.

Sayang sekali, kita sekarang hidup di dunia, mendapatkan  hasil secara langsung jarang terjadi dalam pekerjaan kita, membutuhkan waktu agar kita bisa menikmati hasil pekerjaan kita.

Misal pekerja kantoran, harus menunggu gajian di awal bulan. Yang sebelum hari gajian harus mengerjakan berbagai task, berjibaku dengan rutinitas.

Contoh lain adalah freelancer, seringkali harus menunggu selesai project dan invoice cair baru bisa menikmati hasil kerjanya.

Ketika kita tidak mendapatkan hasil / kesenangan secara langsung. Secara psikologis kita akan merasakan ketidak nyaman. Dari celah itu, otak proscatination beraksi mengambil alih, berusaha mencari kesenangan secara langsung.

Mungkin otak kita memang didesain untuk hidup di surga, tsaaah…

2. Procrastination bisa terjadi karena kita kurang menyukai pekerjaan kita.

Rutinitas pekerjaan terasa membosankan, atau kita merasa bekerja tidak sesuai passion. Sepertinya enak sekali melihat teman teman di Instagram dan sosial media lain mengupload foto liburan mereka, byuuh

Liburan terus, kerjaannya apa sih mereka kelihatan enak banget. Membuat pekerjaan ku tambah terasa membosankan.

3. Procrastination bisa terjadi karena kita takut dengan hasil yg tidak sesuai ekspektasi.

Kadang kita takut kalau hasil pekerjaan tidak sesuai dengan ekspektasi orang-orang. Jadi sebenarnya proscatination ada hubungannya juga dengan tingkat kepercayaan diri.

Kecemasan yang berlebihan, sebenarnya kita tidak perlu mencari validasi kepada semua orang kalau kita kompeten dalam pekerjaan kita. Cukup orang yang ingin kita berhasil, karena mereka pasti memberi masukan yang positif.

Selain itu bisa juga karena memang kita pefeksionis sehingga selalu terasa ada yang kurang.

4. Alat dukung Procrastination mudah ditemukan.

Ingin kebahagiaan langsung dan cepat, gampang. Mulai dari streaming video, main game, main PES, atau menjelajah media sosial dan eyel eyelan disana. Jaman internet semuanya tersedia.

Namun menurut penelitian, menggunakan internet untuk bersenang senang bisa meningkatkan produktifitas, jika dilakukan dengan tepat. Jangan sampai spaneng, nanti cepat tua dan terkena stroke.

5. Procrastination bisa terjadi karena kurang motivasi, karena terlalu nyaman sehingga malas utk berkembang dan maju.

Seringkali  kita merasa kurang mempunyai motivasi. Ada beberapa penyebab, salah satunya karena hidup terasa nyaman dan itu membuat kita terbiasa dengan keadaaan. Atau kita sedang menunggu kesempatan terjadi padahal sesuai wejangan orang tua “Semua akan indah pada..  hal gak pasti juga”.

Kurangnya motivasi bisa juga akibat dari kurangnya kepercayaan diri dan harga diri.

6. Procrastination bisa terjadi karena kekurangan gizi ( lebih tepatnya kurang energi :|).

Kurang berolahraga bisa menjadi penyebab letih dan lesu, jangan minum minuman energi dan kafein. Tidur yang cukup bisa menjadi solusi.

7. Procrastination bisa terjadi karena kegalauan hati.

Bisa jadi permasalahan keluarga, atau masalah asmara. Alkisah seorang teman, sang kekasih ditelan tikungan oleh seseorang berkendara gerobak besi, apalah dayanya yg hanya berkendara sandal swallow.

Bagaimana teman saya tersebut bisa fokus bekerja? susah kan T_T . Bawaannya ingin mendengarkan lagu melow yang membuat hati semakin pilu. Semacam:

Jika kamu tidak pernah galau hingga mengganggu pekerjaan, itu berarti perjalanan menjadi sufi masih panjang nak.

SOLUSI, SOLUSI, SOLUSI

Setelah kita tahu beberapa fakta tentang proscatination, selanjutnya bagaimana solusinya, bagaimana cara memeranginya?

Nah, itu juga masuk dalam penelitian saya yg cukup komprehensif dan menyeluruh dengan uji coba diri saya sendiri, tetangga-tetangga, dan hewan piaraannya.

Continue reading Procrastination enak nggak?

Baca Buku: In The Mind of Natali Ardianto

Saya tidak mengenal Natali secara pribadi, namun mengikuti perjalanannya mulai saat menjadi CTO Urbanesia, Golfnesia, dan terakhir Tiket.com. Karena pada saat itu, sekitar tahun 2010 – 2012 Urbanesia termasuk startup yang sering muncul di media startup semacam Daily Social, Twitter, dan Facebook.

Buku ini menceritakan sedikit latar belakang Natali, dan juga perjalannya selama membangun startup.

Mulai dari pemikiran, penyebab kegagalan maupun hal yang menurutnya penting agar berhasil membangun startup.

Buku ini ditulis dengan cukup ringkas dan tidak bertele-tele, saya selesai membacanya dalam sehari.

Bagi kalian yang bekerja di startup saya rekomendasikan utk membaca buku ini.

Universal Basic Income

Dengan berkembang pesatnya teknologi autonomous dikhawatirkan banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan. Walaupun masih belum jelas sektor apa saja yang akan terpengaruh, tp kemungkinan akan sangat luas. Ibarat ombak tsunami yang menerjang lapangan pekerjaan, waaaa…

Teknologi autonomous membuat para pekerja manusia digantikan karena tidak efisien, yang kemudian mesin akan memusnahkan manusia seperti di film Terminator!.

Ok, itu sudah terlalu jauh

Tentu hal diatas tidak terjadi dalam semalam, namun sudah terlihat tandanya. Beberapa perusahaan mulai mengembangkan kendaraan tanpa sopir untuk transportasi umum, kendaran pribadi, truk barang, dan pesawat komersil.

Buruh pabrik banyak yang digantikan oleh mesin, menyusul dengan petugas-petugas administratif seperti yang terjadi di Jepang seperti di artikel berikut.

Bahkan, agen asuransi seperti yang dilakukan perusahaan Israel Lemonade.

Mungkin penerimaan CPNS kedepannya bakal berkurang banyak. Jika tidak terjadi di masa kita, bisa jadi di masa anak-anak kita.

Universal Basic Income (UBI)

Dari permasalahan diatas muncul sistem Universal Basic Income (UBI). Di dalam sistem UBI semua warga negara akan diberi penghasilan tetap tanpa syarat, apapun status pekerjaan mereka (mengganggur atau tidak). Intinya adalah warga negara mendapatkan penghasilan tetap dari negara selama masih hidup.

Continue reading Universal Basic Income

Dengerin Buku, Enak Nggak?

Sekarang mulai populer audio book yaitu isi buku yang dinarasikan dan direkam didalam format mp3, sehingga bisa didengarkan seperti music atau radio. Beberapa penyedia audio book seperti audiobook.com dan audible.com cukup populer terutama di luar negeri.

Layanan penyedia audio book disini (lokal) nampaknya belum ada (atau saya belum pernah dengar), sehingga buku yang tersedia konten audionya kebanyakan adalah buku dari luar negeri. Ada komunitas radiobuku yang menyiarkan narasi sebuah buku. Namun formatnya adalah radio streaming, jadi memang cukup berbeda dengan audio book itu sendiri.

audible

Apakah audio book lebih baik daripada buku fisik? tidak juga, tidak semua jenis buku cocok untuk dibuat audio book. Buku teknikal tentu tidak terlalu cocok, terutama yang butuh banyak ilustrasi untuk penjelasannya :), namun buku seperti novel, cerpen cukup cocok untuk audio book. Selain itu jika naratornya bisa membawakan isi buku dengan bagus, tentu bisa menjadi kesan tersendiri. Jika naratornya adalah robot, mesin tentu jadinya jelek.

Continue reading Dengerin Buku, Enak Nggak?

Slide Presentasi Tahun 2013 – 2014

Halo teman-teman

Berikut beberapa slide presentasi sewaktu mendapat mandat untuk mengisi materi di beberapa kesempatan. Semoga tahun ini bisa menambah lagi ya :D.

Pertama adalah slide dari Techtalk, acara rutin yang diadakan oleh Qiscus dan JDV setiap Rabu sore.

Pengenalan Socket.io di Node

Pengenalan Redis

Pengenalan Elasticsearch

Continue reading Slide Presentasi Tahun 2013 – 2014

Mencari info tentang KPR, duh :(

kangkungs

Beberapa waktu yang lalu saya mengobrol dengan seorang teman melalui Whatsapp dan entah kenapa mulai membahas tentang KPR. Karena teman saya itu baru saja membeli rumah dengan KPR, jadi terpancing untuk bertanya-tanya. Setelah obrolan itu akhirnya saya menjelajah internet untuk mengumpulkan informasi tentang KPR.

Saya sebagai seorang tunawisma yang berada di golongan proletar, KPR merupakan hal yang tidak bisa dielakkan lagi, lambat laun bakal dihadapi. Oke, jadi langsung saja saya masukkan hasil rangkumannya disini hasil berselancar di internet. Saya tidak berpengalaman langsung mengurus KPR, jadi semoga tulisan ini berguna sebagai informasi awal :

Bunga KPR

Tentu hal ini yang penting untuk diperhatikan, jangan sampai karena salah perhitungan kita menjadi dicekik bunga :|. KPR mempunyai 2 tipe bunga yaitu :

  1. Tetap (Fixed)
    Kita membayar bunga dengan besar tetap selama masa jangka waktu kredit. Tidak terpengaruh mekanisme pasar.
  2. Mengambang (Floating).
    Pihak bank dapat mengubah besar bunga tergantung pada mekanisme pasar. Jadi setiap bulan bisa jadi bunga berubah, bisa naik ataupun turun.

Biasanya bank menggunakan gabungan dua tipe tersebut, bunga tetap pada awal jangka waktu masa kredit, kemudian selanjutnya menggunakan bunga mengambang.  Jangka waktu lama untuk bunga tetap dapat menguntungkan kita karena lebih memberi kepastian berapa besar cicilan yang harus kita bayar tiap bulannya.

Walaupun kadang bunga bank yang mengikuti pasar bisa turun, namun nampaknya itu jarang terjadi. Ingat tahun 1998 bunga bank naik mencapai 30%!!, menyebabkan kredit macet dimana-mana. Jadi memilih bank yang memberi KPR dengan bunga tetap dalam jangka waktu yang lebih lama bisa jadi pilihan bagus.

Continue reading Mencari info tentang KPR, duh 🙁

Baca Buku : Pokok-Pokok Gerilya

pokok2

Buku “Pokok-pokok Gerilya” merupakan buku yang spesial karena ditulis oleh Jenderal Besar DR. A.H. Nasution. Berisi tentang pengalaman beliau dalam melakukan perang gerilya di Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Tidak bisa dipungkiri, perang gerilya merupakan salah satu faktor kunci kemenangan dalam memperjuangkan kemerdekaan menghadapi para penjajah yang unggul dalam teknologi maupun kekuatan militer pada saat itu.

Continue reading Baca Buku : Pokok-Pokok Gerilya

Mengisi Acara Seminar PHP Indonesia di UAD

Pindahan lagi dari me.mootuts.com :).

Tahun lalu diberi tugas oleh teman-teman di PHP Indonesia cabang Jogja untuk mengisi materi di acara seminar di UAD. Setelah mengobrol ngalor ngidul dengan teman yang lain akhirnya materi yang dipilih adalah Pengenalan NoSQL dan Redis.

Sewaktu hari H, saya pake acara salah tempat segala, datang ke kampus 1 UAD ternyata acara di kampus 3 UAD. Itu gara-gara saya tidak mengecek lokasi seminar terlebih dahulu. Namun akhirnya bisa sampai di tekape tepat waktu, sebelum acara dimulai.

Sampai di tekape udah banyak aj yang datang, kebanyakan mahasiswa baik UAD maupun kampus lain di Jogja. Ada juga penggiat PHP Indonesia baik Jogja dan kota sekitar, bahkan ada juga yang dari luar pulau.

image

teman teman mahasiswa, jgn lupa piknik lo, kesehatanmu lo

Acara dimulai dengan baca Quran, yang saya bilang si bagus banget lah. Mbak nya hapal euy ga pake pegang Quran, suaranya juga bagus.. :3. nah ini foto mbaknya..

image

Mbak Ustadzah.. :3

Kemudian tiba, saat nya presentasi tentang nosql dan redis, jeng jeng.. jadi di seminar ini ada 2 pemateri yaitu  saya dengan materi NoSQL Redis dan juga om Hiraq dengan materi SOLR nya. Selain itu ada juga presentasi dari GeSchool  yang sudah mengimpelent 2 tekhnologi tersebut di aplikasi mereka. Materi slide nya ada disini

Continue reading Mengisi Acara Seminar PHP Indonesia di UAD

Tidak Ada Teknologi yg Bullshit, Adanya Programmer Dzalim

image

Ini adalah pandangan saya tentang teknologi wuihh, termasuk didalamnya produk IT, bahasa pemograman, dan teman temannya. Bagaimana sebaiknya kita melihat atau memanfaatkan teknologi yang banyak banget muncul. Mungkin pandangan ini tidak ada artinya bagi teman programmer yang budiman, tp tidak mengapa, kebetulan malam ini saya sedang menganggur :3.

Dzalim itu apa?, dzalim adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Seperti halnya orang buang sampah sembarangan, pasang iklan di pohon, pemimpin yang tidak amanah, pipis di BTS, piara kucing di akuarium, dan banyak lagi sebenarnya.

Kalo di dunia IT, Seringkali saya mendengar ada programmer sakit hati karena gagal mengimpementasikan sebuah teknologi didalam sistem atau aplikasi yang dibuatnya, kemudian koar2 di segala media curhat semacam ini :

“database nganu is bullshit”

Iya kali bro, aplikasi database dijadikan kambing hitam

“pengguna database nganu itu cuma hipster, aku udah coba setahun balik lagi pake database ngitu yg lama dan fine fine aj”

Weleh, kalau gitu siapa yg hipster coba. Kerjakan PR-nya dulu sebelum digunakan di project beneran, itu kegunaannya buat apa, sesuai utk kondisi apa, siapa saja yang sudah mengimplementasikannya dan lihat use casenya.

Continue reading Tidak Ada Teknologi yg Bullshit, Adanya Programmer Dzalim