Bermain-main dengan Aplikasi Lumia Camera

Bermain-main dengan aplikasi Lumia Camera di Lumia 730 cukup menyenangkan karena mempunyai UX yang nyaman dan pengaturan kamera yang cukup lengkap.

Kalian bisa mengatur parameter seperti white balance, ISO, Shutter Speed, dan Focus melalui UX yang menurut saya mirip orbit tata surya seperti gambar dibawah :).

wp_ss_20141228_0002

Sedikit keterangan gambar diatas :

Lingkar pertama (dari luar) adalah “WB” untuk mengatur white balance, ada beberapa pilihan selain Auto yaitu berawan, cerah, dan lampu (di dalam ruangan).

Lingkar kedua yang bericon kotak digunakan untuk mengatur titik fokus. Berapa banyak Depth of Field nya, seberapa banyak daerah yg focus dan blur.

wp_20141228_11_37_48_pro

Lingkar ketiga adalah “ISO” untuk mengatur sensitifitas terhadap cahaya. Kalian bisa mengatur besarnya dari 100 – 3200. Semakin besar ISO maka semakin peka terhadap cahaya, foto akan semakin terang namun akan muncul bintik-bintik (noise). Namun Lumia Camera mempunyai noise reduction yang bagus

Lingkar keempat adalah shutter speed. Semakin cepat (kecil) maka cahaya semakin sedikit yang masuk ke sensor begitu pula sebaliknya. Untuk memfoto obyek yang bergerak bisa menggunakan shutter speed yang cepat, agar foto terlihat beku. Jika shutter speednya lambat (besar), pastikan handphone cukup stabil sewaktu memfoto agar tidak blur.

Lingkar kelima adalah exposure atau tingkat kecerahan. Bisa diatur dan juga dinamis mengikuti parameter yang lain.

wp_20141228_11_35_48_pro

Cukup menarik ya, selain itu saya juga belajar sedikit tentang ilmu photografi :D.

 

Leave a Reply