Bitcoin, Crypto Currency enak ga~

image

 

Selamat malam Bro n Sis, beberapa waktu ini sering melihat berita tentang Bitcoin. Agak sulit mengabaikan -emas digital- ini, karena memang menarik untuk diikuti perkembangannya. Apakah kalian bisa mengabaikan berita tentang Dian Sastro? susah kan bro, nah seperti itu rasanya. Bitcoin adalah salah satu dari crypto currency yaitu mata uang yang dihasilkan dari komputasi komputer yang disebut mining.

Selama ini kita terbiasa melakukan transaksi dengan uang fiat dan uang komoditas. Uang fiat adalah uang yang nominalnya lebih tinggi dari harga bahan pembuat uang tersebut. Sedangkan uang komoditas adalah uang yang nominalnya sama dengan harga bahan pembuatnya (mempunyai nilai intrinsik), misal uang emas, perak seperti dinar dan dirham. Yang keren dari uang komoditas adalah relatif stabil valuenya, cocok untuk simpanan jangka panjang. Karena itu jangan sampai inflasi merenggut masa depan kita bro n sis!, jangan mengabaikan uang komoditas! *MALAH OOT.

Transaksi virtual dan transaksi fisik

Saat kita melakukan proses jual beli di pasar, angkringan, atau warung kita sedang melakukan transaksi fisik, yaitu uang yang kita miliki langsung berpindah tangan ke penjual. Berbeda dengan transaksi virtual, yang pada dasarnya adalah pertukaran informasi karena itu membutuhkan otoritas yang melakukan pencatatan transaksi (ledger) agar tidak terjadi fraud dan double spending.

Berikut adalah contoh transaksi virtual dan juga otoritas pencatat transaksinya.

  • Transaksi Keuangan = Bank
  • Uang virtual game = Pembuat game
  • Pulsa Telepon = Operator
  • Pulsa Listrik = PLN

Transaksi diatas dicatat secara terpusat, inilah yang membedakan dengan bitcoin. Pencatatan transaksi dalam bitcoin dilakukan terdistribusi di dalam jaringan internet, bersifat publik dan tidak dimonopoli otoritas tertentu. Pencatat transaksi bitcoin ini disebut Blockchain. Blockchain bekerja dan berkomunikasi menggunakan sistem berdasarkan protokol bitcoin.

Kenapa Menggunakan Crypto Currency seperti Bitcoin?

Yang pertama, crypto currency adalah mata uang yang kepercayaannya dibangun berdasarkan pengetahuan, karena crypto currency menggunakan matematika untuk menyusun sistemnya. Berbeda dengan uang fiat yg mau tidak mau kita percaya dengan pemerintah. Uang komoditas seperti dinar dan dirham dipercaya karena harga yg memang stabil sejak jaman dahulu.

Yang kedua, biaya transfer yang relatif murah sehingga cocok untuk micropayment. Murah karena crypto currency berjalan diatas jaringan internet berbeda dengan sistem transaksi sekarang yang dikontrol oleh institusi finansial yang menarik biaya dari pembeli dan penjual dalam setiap transaksi.

Yang ketiga, adalah protokolnya bero n sis!, kita tahu bagaimana platform yg berjalan diatas jaringan internet sangat bermanfaat. Protokol HTTP membangun World Wide Web, protokol SMTP membangun EMail, protokol VoIP yang mempengaruhi industri telekomunikasi, dan selanjutnya protokol crypto currency yg akan membangun bagaimana institusi finansial nantinya akan bekerja. Selain itu jika kamu sedang ‘selo’ coba cek Ripple ¬†yang juga mengembangkan protokol untuk finansial, mirip dengan protokol bitcoin.
Sejarah Bitcoin

Pertama kali bitcoin muncul dalam sebuah whitepaper pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto. Satoshi sendiri bukan nama asli, bisa individu ataupun group, dan sampai sekarang keberadaannya masih misteri. Banyak jurnalis penasaran mencari tahu siapa sebenarnya Satoshi. Walaupun Satoshi menghilang namun bitcoin masih mempunyai core developer lain yang masih aktif saat ini.

Bagaimana Bitcoin Bekerja?

Pertama kali kita bisa menginstall aplikasi yang diberi nama bitcoin wallet, aplikasi ini akan membuat alamat bitcoin yang bisa kita gunakan untuk melakukan transaksi. Kita bisa membuat alamat bitcoin berkali kali.

Setiap transaksi yang kita lakukan akan diproses di dalam blockcain yaitu jasa pencatatan yg terdistribusi. Proses transaksi dengan algoritma tertentu ini disebut mining di dalam proses mining ini nanti akan menghasilkan bitcoin baru. Karena itu bitcoin tidak dihasilkan dari proses komputasi yang ‘selo’, tapi memproses transaksi dari jaringan bitcoin.

Untuk lebih detailnya bisa kalian lihat disini.
Bitcoin Sekarang

Nilai kurs dari bitcoin sekarang ini masih fluktuatif, untuk kurs terbaru kalian bisa mengeceknya di bitcoin.co.id.

Dan perkembangannya pun luar biasa

Did Bitcoin just beat Paypal?

Did Bitcoin just beat Paypal? [Infographic] by the team at Bitcoin Examiner

Dari infografis diatas volume transaksinya melebihi Paypal, namun jumlah transaksinya masih sedikit dibanding payment service yang lain. Artinya hanya pemain dengan modal yang besar yang bermain bitcoin sehingga harganya pun masih fluktuatif.

Sekarang kita tinggal menunggu jumlah transaksinya melebihi Paypal yang artinya bitcoin mulai digunakan oleh masyarakat banyak, disupport banyak merchant macam Indomaret, Alphamart, dll :)). Sehingga seimbang antara volume dengan kuantitas transaksi, dengan begitu membuat nilainya lebih stabil.

Cukup menarik bukan, sayang sekali saya belum bisa icip2 bitcoin karena keterbatasan modal. Jadi sementara hanya bisa menunggu~ *Duh, koyo nunggu kowe nduk :'(

3 thoughts on “Bitcoin, Crypto Currency enak ga~”

Leave a Reply